DARUL LUGHAH GELAR KARANTINA BAHASA ARAB NASIONAL

KABARNAS – Karantina Bahasa Arab Nasional merupakan program unggulan lainnya yang dimiliki oleh Darul Lugah  Al Arabiyah (DLA) setelah program Karantina Bahasa Arab 60 Lancar Berbahasa Arab. Program ini merupakan sebuah program untuk memepelajari bahasa Arab secara intensif bagi pemula dengan jangka waktu belajar selama dua bulan. Dimana setiap peserta akan diasramakan dan diberikan fasilitas selama masa pembelajaran. Selain itu program ini bersifat nasional sehingga setiap peserta yang hadir akan mewakili berbagai provinsi di Indonesia, bahkan tidak jarang ada pula yang berasal dari Mancanegara seperti Malaysia dan negara tetangga lainnya. Program KABARNAS yang akan diadakan ini merupakan KABARNAS pertama DLA yang bekerjasama dengan Lava Park Syariah, Cikarang, Jawa Barat (2019).

Setiap peserta yang bergabung memiliki latar belakang yang berbeda-beda, mulai dari perbedaan usia, pekerjaan  dan pemahaman akan bahasa Arab,dari mulai yang punya dasar bahasa Arab sampai yang tidak paham bahasa Arab sama sekali. Namun Alhamdulillah berkat kesungguhan yang luar biasa ditambah metode belajar (Tarikah Mubasyarah) yang diterapka oleh Darul Lughah. Alhamdulillah setelah menempuh masa belajar dua bulan atau 60 hari banyak diantara peserta yang mangalami peningkatan luar biasa dalam memahami bahasa Arab. Hal ini terbukti saat Darul Lughah melakukan wawancara langsung dengan beberapa peserta KABARNAS I diakhir masa belajar.

Bahkan mereka sudah mampu untuk menyampaikan kesan dan pesan selama 60 hari masa belajar dalam bahasa Arab. Selain itu mereka juga sudah mampu melakukan percakapan harian dalam bahasa Arab ditambah lagi mereka juga mampu memahami berbagai materi yang disampaikan dalam bahasa Arab.  Sungguh luar biasa bukan???

Selama masa karantina 60 hari, program KABARNAS tidak hanya fokus untuk memenuhi fasilitas belajar saja. Melainkan juga menyediakan berbagai fasilitas penunjang hobi seperti berkuda, berenang, memanah dan lain sebagainya. Meskipun setiap peserta akan dibimbing belajar selama 10 jam/hari mereka juga diberikan waktu luang untuk sekedar berolah raga sesuai hobi masing-masing, meski tetap dipantau  untuk melakuan percakapan dalam bahasa Arab dimana pun dan kapan pun.

Sebagaimana disampaikan oleh Direktur Darul Lugah Al Arabiyah Ustz Muhammad Yasir SKom I MA, dalam pembukaan KABARNAS I ini. “Program Karantinan Bahasa Arab Nasional ini memang dibentuk untuk melatih setiap peserta terbiasa melakukan percakapan harian dalam bahasa Arab. Kemudian ditambah lagi 10 jam waktu pembelajaran di dalam kelas agar setiap peserta nantinya mampu menguasai empat ketempilan seperti membaca, menulis, mendengar dan berbicara dalam bahasa Arab,” jelas ustaz Muhammad Yasir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *