WISUDA KEDUA DARUL LUGAHAH WISUDAKAN 130 PESERTA

Aceh Utara – Darul Lughah Al-Arabiah (DLA) kembali menggelar wisuda akbar pada Ahad, 27/1/2019. Tepatnya di Ash-Habul Yamin. Wisuda tersebut merupakan wisuda angkatan ke – II yang diadakan oleh lembaga pelatihan bahasa Arab Darul Lughah Al Arabiayah,  dalam program Belajar Intensif 60 Hari Lancar Berbahasa Arab.

Program ini merupakan wujud kerjasama pondok pesantren Ash-Habul Yamin dan Darul Lughah Al Arabiyah dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan para santri dalam menguasai berbahasa Arab. Dari kerjasama yang terjalin tersebut DLA berhasil mewisudakan 130 wisudawan pada 2019, yang semuanya merupakan santri Dayah Ash-Habul Yamin Aceh Utara yang di pimpinan Tgk Abu Bakar (Abon Buni).

Turut hadir dalam acara wisuda tersebut Ketua Ikatan Alumni Timur Tengah (Ikat) Aceh Fadhil Rahmi, Lc, Pengawas Darul Lughah Al-Arabiyah Dr. Abizal Muhammad Yati Lc, MA, Direktur Darul Lughah Al-Arabiyah Muhammad Yasir SKom I MA, para pimpinan Dayah Ash-Habul Yamin serta seluruh santri dan walinya.

Dalam sambutannya Direktur Darul Lughah Al-Arabiyah Muhammad Yasir SKom I MA menyampaikan bahwasannya, proses pembelajaran bahasa Arab yang berlangsung selama 60 hari berjalan sangat baik.

“Selama 60 hari tersebut setiap peserta berhasil menuntaskan 3 level tingkatan pembelajaran bahasa Arab, yaitu pemula, menengah, dan level lanjutan. Yang berarti secara tidak langsung mereka telah menguasai 6 kitab Al-Arabiyah Baina Yadaik secara aplikatif,” katanya.

Di awal-awal program ini dijalankan, banyak orang yang ragu akan keberhasilan program ini. “Namun seiring dengan berjalannya waktu, para peserta mulai aktif berbicara bahasa Arab,” tambah Direktur Darul Lughah.

Keberhasilan atau pencapaian para santri dalam mengasai bahasa Arab dapat dilihat langsung melalui penampilan debat antar wisudawan yang disaksikan langsung oleh setiap pasag mata yang hadir dalam acara tersebut. Selain itu keberhasilan program ini juga diakui oleh para wali santri pesantren tersebut, yang sesekali berdecak kagum melihat penampilan para santri diatas panggung.

Mawardi, mewakili seluruh wali santri dalam sambutannya mengutarakan rasa bangganya melihat hasil yang telah dicapai oleh para santri dalam pembelajaran bahasa Arab. Ia berharap, Dayah Ash-Habul Yamin dapat menjadi teladan  untuk dayah atau pesantren lainnya dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab bagi para santrinya.Selanjutnya, Mawardi juga mengharapkan ada lembaga pendidikan lainnya yang ikut melakukan kerjasama dengan Darul Lughah Al-Arabiyah dalam peningkatan kualitas pembelajaran bahasa Arab.

Selain itu Ustadz Fadhil Rahmi Lc selaku Ketua Ikat Aceh juga menyampaikan apresiasi luar biasa atas pencapaian program 60 Hari Lancar Berbahasa Arab tersebut. Dalam sambutanya Beliau menambahkan ” Darul Lughah Al-Arabiyah merupakan wadah yang tepat untuk mewujudkan masyarakat Aceh yang mampu berbahasa arab khususnya para santri, hal ini akan menjadi gerbang dan membuka peluang bagi setiap santri untuk melanjutkan pendidikan ke Timur Tengah,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *